Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Belajar SEO dan Blogging Hosting Murah

WEB HOSTING MURAH YANG BAGUS DI INDONESIA DAN CARA MEMILIHNYA!
Tutorial Belajar SEO dan Blogging juga Internet Marketing Terpadu Yang Mudah Untuk Anda Pelajari.
Web Hosting Murah Yang Bagus Di Indonesia Dan Cara Memilihnya!
Mungkin untuk pemula, ... cara memilih web hosting murah yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan kita itu terasa sebagai sesuatu tidak terlalu penting. Namun pada akhirnya, cukup banyak pemula yang akhirnya mendapatkan masalah karena salah memilih layanan web hosting murah... Ya biasalah, kita di Indonesia memang suka yang murah tapi rada bawel masalah kualitas 😄

Artikel ini saya buat, karena belakangan di facebook ada banyak teman-teman yang komplain ke jasa web hostingnya. Dan kebetulan; saat ini jumlah blogger Indonesia yang bermigrasi dari blogspot ke website yang dihosting sendiri juga sudah bertambah banyak. Jadi dirasa cukup perlu untuk sharing tentang cara memilih web hosting murah yang bagus ini. 

Cara memilih web hosting murah ini akan saya bagi menjadi 2 bagian dan ini cukup panjang karena saya berusaha memberikan penjelasan yang cukup lengkap tentang web hosting murah ini. Jadi 2 bagian utama dari penjelasan ini adalah:

Mengetahui kebutuhan web hosting anda, dan
Mengetahui cara memilih web hosting murah yang terbaikOk, saya jelaskan satu per satu....

Sebaiknya anda membaca sampai selesai, sebelum anda merasa dirugikan karena apa yang anda dapatkan tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan. Padahal anda yang tidak paham dengan apa yang anda beli....

Mengetahui kebutuhan web hosting andaSebelum anda bisa memilih web hosting yang bagus untuk website anda; otomatis anda harus mengetahui apa yang anda butuhkan. Setiap website itu berbeda, maka setiap website itu mempunyai kebutuhan hosting yang berbeda-beda.

Jadi pertama-tama anda harus mengenali website apa yang hendak anda buat. Beberapa jenis website berdasarkan tujuannya:

Website profil perusahaan
Website untuk komunitas tertentu
Website untuk jualan atau marketing produk/jasa
Website untuk blogging
Website untuk monetisasi, dan lain-lainSetiap website itu mempunyai karakteristiknya masing-masing. Misalnya; berapa potensi ukuran file website yang harus dihosting, berapa potensi trafik yang akan datang setiap bulannya, apakah ada software atau addons khusus yang diperlukan, dan lain sebagainya.

Kalau misalnya website anda hanya website sederhana yang hanya mempunyai 10 sampai 20 halaman saja untuk dirawat, dan tidak diperlukan pengembangan apapun; bahkan menambah artikel blog juga sangat jarang, maka jelas anda tidak memerlukan kapasitas penyimpanan data yang besar.

Tapi kalau website anda dibuat untuk memasarkan ribuan produk, maka jelas anda memerlukan kapasitas penyimpanan data yang besar, karena biasanya gambar produk akan memakan cukup banyak ruang penyimpanan data.

Begitu juga masalah trafik. Website yang dibuat untuk tujuan komersil, baik itu jualan maupun melakukan monetisasi dengan iklan jelas memerlukan trafik yang besar; jadi jelas website seperti ini memerlukan transfer data atau batas bandwidth yang besar juga. Batas bandwidth ini yang akan menentukan seberapa besar trafik yang bisa diterima oleh website anda.

Jadi sampai di sini anda sudah mengetahui dua hal dasar yang harus anda perhatikan, yaitu kapasitas penyimpanan data, dan batas bandwidth dari hosting yang anda pilih. Faktor-faktor pertimbangan lainnya akan saya jelaskan lebih mendetil nanti di bawah.

Memilih Web Hosting Murah Untuk PemulaJika ini adalah untuk pertama kalinya anda mau membeli jasa web hosting murah, tentu anda bisa memulai dengan memilih shared hosting. Dengan memilih shared hosting ini maka akun hosting anda akan berbagi dengan akun hosting lainnya dalam satu server dan memakai layanan yang sama.

Kelebihan: Shared hosting ini bisa menjadi solusi awal untuk website anda karena website anda masih baru dan belum mempunyai trafik yang besar dan juga ukuran file yang juga belum seberapa. Jadi SHARED HOSTING ini MURAH
Ini bisa jadi sarana awal anda untuk mengembangkan sebuah website; dan sudah tentu anda bisa kapan saja melakukan upgrade layanan web hosting anda sesuai dengan perkembangan website itu sendiri. Anda bisa menaikkan hosting anda menjadi Virtual Private Server, atau bahkan server yang didedikasikan khusus untuk website anda jika memang diperlukan.

Kekurangan: Shared hosting akan memuat anda berbagi dengan banyak akun website pada saat bersamaaan. Jadi jika anda berbagi server dengan website yang mempunyai trafik yang cukup besar dan memakai banyak sumber daya server, maka anda akan merasakan performa hosting yang tidak memuaskan.Selain shared hosting yang standar, saat ini sudah hadir alternatif sistem hosting lainnya yaitu cloud hosting, di mana website anda akan dihosting pada server-server yang saling terinterkoneksi dan berkerja sebagai satu kesatuan. Hal ini memuat cloud hosting menjadi sistem hosting yang jauh lebih handal dari shared hosting.

Cloud Hosting bisa meminimalkan masa downtime, karena ada banyak server yang saling menunjang satu dan yang lainnya. Dan jika ada akun website yang memakai sumber daya sampai batas yang ditentukan untuk akunnya, maka hanya akun website itu saja yang akan turun performanya.Ada beberapa penyedia jasa web hosting murah saat ini yang sudah menawarkan sistem cloud hosting. Tentu saja performa dari sistem cloud hosting ini nantinya ditentukan dari kelas paket yang anda beli.

Beberapa Penyedia Layanan Web Hosting

Berikut ini saya melampirkan beberapa penyedia layanan web hosting yang bisa anda jadikan pilihan. Tentu ada review positif dan negatif untuk masing-masing penyedia jasa web hosting murah ini di internet. Tapi itu hal yang biasa saja, karena beberapa pengguna jasa memang bisa saja kurang memiliki pengetahuan akan masalah teknisnya.

Jadi sebelum anda memilih web hosting murah yang anda rasa cukup bagus untuk website anda; saya akan mencoba menjelaskan beberapa hal yang cukup penting untuk anda perhatikan. Saya memberikan 7 nama penyedia layanan di bawah ini sebagai contoh dari begitu banyak penyedia jasa web hosting di Indonesia.

Semua harga di bawah adalah harga pada saat artikel ini ditulis.... INGAT! Harga juga bisa berbeda antara pendaftaran baru dan untuk perpanjangannya. Jadi harap membaca dengan seksama penawaran di masing-masing penyedia jasa. 
Ini adalah salah satu layanan web hosting yang menyediakan hosting dengan harga murah yang space-nya masih cukup lumayan. Jadi bagi anda yang mau membuat website dengan ukuran dan jumlah file yang tidak terlalu besar, maka pusathosting ini bisa menjadi salah satu pilihan.
PAKET HOSTING TERMURAH PUSATHOSTING PER BULAN ADALAH Rp.8.000
Ini adalah penyedia jasa web hosting murah dengan alexa rank yang sangat ramping hingga 48,5k. Jadi niagahoster.co.id ini cukup populer sebagai penyedia jasa layanan web hosting di Indonesia. Adapun beberapa keunggulan layanan yang diklaim oleh niagahoster adalah uptime hingga 99,9%, waktu akses tercepat, garansi uang kembali untuk 30 hari, gratis domain, dan Google: SSL A+ & HTTP2 meningkatkan keamanan & SEO Website Anda.
PAKET WEB HOSTING TERMURAH PER BULAN DARI NIAGAHOSTER ADALAH Rp.14.900.

GoDaddy adalah penyedia jasa web hosting kelas dunia yang juga melayani di Indonesia. Sebagai penyedia layanan kelas dunia, GoDaddy sudah mempunyai reputasinya sendiri. Jika memang GoDaddy ini provider kelas dunia ... lalu kenapa saya taruh ini di urutan ketiga? Soalnya paket termurah dari GoDaddy mungkin belum cukup murah bagi kebanyakan blogger yang mampir di blog saya ini.

Tapi GoDaddy menjamin kapasitas penyimpanan yang sangat besar bagi penggunanya yaitu 100GB (ini ukuran terkecilnya). Jadi sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Tentu anda akan menemukan beberapa penyedia jasa lokal ada yang memberikan UNLIMITED DISK SPACE pada harga yang lebih murah; tapi anda sendiri perlu mengetahui bahwa istilah UNLIMITED itu sebenarnya adalah bahasa pemasaran saja. Untuk penjelasan selengkapnya, bisa anda baca selengkapnya di bawah.

Btw; di antara beberapa penyedia web hosting yang saya cek. GoDaddy ini mempunyai catatan time to first byte yang terbaik, hanya 0,2 detik. Time to first byte yang sangat cepat bisa membantu website anda mendapatkan peringkat yang jauh lebih baik di pencarian Google.

PAKET WEB HOSTING TERMURAH PER BULAN DARI GODADDY ADALAH Rp.49.500. 😄
Dewaweb adalah salah satu penyedia jasa cloud hosting yang dalam waktu singkat sudah membangun reputasi yang sangat baik di komunitas webmaster Indonesia. Ini adalah salah satu cloud hosting yang harga hostingnya termasuk cukup murah dan cukup sering memberikan penawaran-penawaran yang menarik.

PAKET WEB HOSTING TERMURAH PER BULAN DARI DEWAWEB ADALAH Rp.15.000 (Ini sudah dengan 1 domain gratis)
Ardeta media adalah jasa web hosting murah dengan jaminan uptime hingga 99,98% dan kecepatan bandwidth yang sangat memadai bahkan untuk target pasar internasional, dan masih banyak lagi. Ardeta media juga menawarkan garansi uang kembali dalam 30 hari jika anda merasa layanan hosting mereka tidak memenuhi apa yang mereka janjikan.

PAKET WEB HOSTING TERMURAH PER BULAN DARI ARDETAMEDIA ADALAH Rp.19.000
Ini adalah penyedia jasa hosting yang juga sudah sangat terkenal. Layanan web hosting yang tersedia di rumahweb juga termasuk sangat lengkap. Jadi untuk masalah kehandalan dan support CS dari rumahweb ini termasuk sangat diakui di komunitas webmaster Indonesia. Hanya saja menurut saya kalau bicara masalah harga, maka rumahweb bisa dikatakan termasuk tidak murah.

PAKET WEB HOSTING TERMURAH DARI RUMAHWEB BISA MENCAPAI Rp.6.000-an PER BULAN (Tapi anda harus mencatat bahwa kapasitas yang tersedia di sini hanya 50MB. Jika anda mengincar kapasitas yang cukup besar seperti 1GB atau 2GB, maka mungkin biayanya akan lebih mahal dari GoDaddy)
Eazysmart ini adalah penyedia jasa web hosting yang sudah sangat berpengalaman sejak tahun 2007. Dengan uptime yang diklaim berada di 99,99% menunjukkan bahwa sistem cukup handal. Hanya saja saya tidak tahu apakah eazysmart ini memberi fitur SSL atau tidak. Jadi bagi anda yang membutuhkan fitur ini ada baiknya menanyakan lebih dahulu.

PAKET WEB HOSTING PALING MURAH DARI EAZYSMART ADALAH Rp.15.000 PER BULAN.

Jadi jika anda sudah tahu beberapa nama penyedia layanan hosting; apa sudah bisa anda memesan layanannya sekarang? Tentu bisa, tapi sebaiknya anda memahami beberapa hal dulu sebelum melakukan pemesanan. Jadi baca lebih lanjut ya....

Mengukur Penawaran Web Hosting Murah Dengan Kebutuhan Anda
CEK UPTIME DARI WEB HOSTING ANDA
Walaupun anda memesan web hosting murah; tapi sebaiknya anda tetap memperhatikan masalah uptime dari website anda. Karena jika website anda terlalu sering mengalami downtime maka kemungkinan akan merusak pengalaman pengguna dari Google akan sangat besar...dan itu merusak peringkat anda.
Uptime adalah jaminan dari penyedia layanan bahwa website anda bisa terus diakses dalam persentase waktu yang diberikan. Misalnya penyedia website anda memberikan jaminan uptime 99,9%, maka itu berarti waktu downtime maksimumnya adalah 0,1%. Jika dalam setahun ada 8.760 jam, maka waktu downtime maksimumnya adalah 8 Jam 45 Menit. Jika dalam setahun ada 4x downtime atau tiap 3 bulan sekali, maka lama rata-rata tiap downtime adalah 2 jam 11 menit. Karena ini termasuk cukup lama, maka sebaiknya berharap downtime terjadi di waktu sepi pengunjung.

Kalau ada yang memberikan jaminan downtime 99,99%, maka itu berarti dalam setahun ... lama waktu downtime maksimum adalah 52 menit dalam setahun atau 13 menit tiap 3 bulan.
Beberapa server berani memberikan jaminan uptime hingga 100%. Tapi yang namanya kegagalan selalu bisa saja terjadi. Sistem besar seperti Google dan amazon yang juga memakai sistem cloud juga pernah mengalami kegagalan walaupun persentasenya sangat kecil dan uptimenya sangat baik di 99,99974%

Jadi coba pertimbangkan, jika anda menyukai harga penawaran dari suatu web hosting dengan jaminan uptime 99,9%.... Apakah jaminan bahwa downtime maksimal hanya 2 jam 11 menit setiap 3 bulan itu sudah cukup baik untuk anda. Jika anda tidak ada masalah dengan batas jaminan maksimum downtime dan uptime ini, maka silahkan anda lanjut memilih web hosting tersebut

CEK FITUR UPGRADE DARI WEB HOSTING ANDA
Dalam banyak kasus; shared hosting yang mempunyai kapasitas cukup terbatas sudah sangat mencukupi untuk kebutuhan website anda. Tapi ada beberapa website yang berkembang sedemikian pesatnya sehingga membutuhkan upgrade menjadi VPS atau dedicated server. Ini diperlukan untuk meningkatkan kemampuan pemrosesan; kapasitas penyimpanan, kapasitas memory, dan fitur keamanan yang lebih baik.

Jadi jika anda berpikir suatu saat hosting anda bisa berkembang dengan sangat pesat dan jumlah trafiknya akan sangat besar, maka sebaiknya anda memastikan bahwa penyedia layanan hosting anda menyediakan upgrade VPS bahkan dedicated server untuk anda.

TIME TO FIRST BYTE (TTFB) DARI SERVER ANDATime to first byte adalah waktu yang diperlukan oleh website anda sejak permintaan diberikan hingga byte pertama dikirimkan ke browser pengguna. TTFB atau time to first byte saya masukkan di sini karena bagaimana pun blog trikmudahseo ini adalah blog SEO, dan TTFB ini adalah salah satu faktor yang diyakini komunitas SEO sebagai faktor yang mempengaruhi SEO anda.

MOZ mengadakan percobaan dan melihat bahwa rata-rata website yang ranking lebih baik itu secara garis besar menunjukkan TTFB yang juga lebih cepat. Tentu grafik yang dihasilkan dari percobaan ini bukanlah garis lurus namun naik turun, karena faktor yang mempengaruhi peringkat bukan hanya TTFB. Tetapi secara garis lurus, terlihat bahwa TTFB mempengaruhi peringkat anda.
Jadi anda baiknya pada saat anda memilih web hosting anda juga mempertimbangkan TTFB dari penyedia web hosting tersebut. Apakah itu berarti anda harus mencari server yang TTFB-nya di bawah 0,5 detik? Tentu akan lebih baik jika bisa seperti itu; tapi jika tidak bisa maka anda masih bisa mengalahkan pesaing anda dengan meningkatkan faktor SEO yang lainnya.

FITUR ADDON DOMAINKalau anda mempunyai sebuah layanan hosting, maka ada kemungkinannya suatu saat nanti anda mau menghosting lebih dari satu website saja. Apalagi jika anda termasuk orang yang mempunyai modal untuk menumpuk banyak nama domain.

Untuk memfasilitasi hal ini ada baiknya anda mencari tahu apakah paket web hosting yang anda beli ini menawarkan addon untuk menambah beberapa nama domain lainnya. Jika tidak maka mungkin anda bisa mempertimbangkan paket yang lainnya.
Anda bisa mengecek fitur addon domain ini dari detil produk yang diberikan penyedia layanan. Kalau anda kesulitan menemukan penjelasan detil produknya, maka cara praktisnya ya bertanya ke CS penyedia jasa web hosting murah anda. Misalnya untuk NIAGAHOSTER, fitur addon domain ini tersedia mulai dari paket PELAJAR yang harganya Rp.23.450/bulan.
HARGA HOSTING SAAT PENDAFTARAN DAN SAAT PERPANJANGAN
Pada saat anda mendaftar web hosting murah; ... cek dengan benar apakah itu benaran murah atau nanti untuk perpanjangannya menjadi lebih mahal. Kalau untuk perpanjangannya nanti cuma beda tipis dan anda tidak keberatan .... ya bolehlah, tapi kalau anda sampai keberatan dengan biaya perpanjangannya, kan bisa ribut tahun depannya. Jadi lebih baik anda lebih teliti sejak awal.

Misalnya untuk hosting di GoDaddy, anda akan mendapatkan diskon 50% di pendaftaran tahun pertama; tapi anda akan dikenakan tarif penuh di tahun kedua dan seterusnya. Jadi sebaiknya anda lebih teliti. 

Walaupun seperti itu GoDaddy tetap layanan yang sangat baik; karena menawarkan penyimpanan yang sangat besar, dan juga Time To First Byte yang sangat kencang, yaitu stabil di bawah 0,5 detik.

HARGA HOSTING TERHADAP KAPASITAS PENYIMPANANIni juga salah satu hal yang penting untuk anda pertimbangkan. Apakah harga hostingnya itu memang paling sesuai untuk kebutuhan kapasitas penyimpanan anda. Misalnya kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan tidak terlalu besar; dan hanya sekitar 200 MB sampai 300 MB, maka anda bisa membeli paket WD-350MB dari pusat hosting yang hanya Rp.8.000/bulan.

Kalau anda butuh hosting untuk ukuran data 1GB, maka mungkin ardetamedia dengan paket personal seharga Rp.19.000/bulan yang paling sesuai dengan anda. Tapi jika anda mengelola website yang ukuran filenya sangat besar, maka ada baiknya anda mempertimbangkan paket ekonomi GoDaddy yang menyediakan 100 GB ruang penyimpanan dengan biaya tahun pertama Rp.49.500/bulan dan biaya perpanjangan Rp.99.000/bulan.

Kenapa memilih GoDaddy yang menawarkan 100GB dan bukan yang menawarkan UNLIMITED saja? Jawabannya seperti yang sudah saya sebutkan di atas; karena istilah unlimited itu hanya bahasa pemasaran YANG SERING DISALAHARTIKAN.

WEB HOSTING MURAH ANDA UNLIMITED?Salah satu hal yang sering membuat teman-teman facebook menjadi gusar dan ngomel, karena mereka merasa membeli hosting yang serba unlimited baik itu untuk kapasitas penyimpanan maupun kapasitas bandwidth atau transfer data. Jadi maunya mereka bisa buat banyak website dan dapat trafik yang tidak terbatas....
Sayangnya itu adalah pemahaman yang "terlalu berharap". Kalau memang hosting data bisa tidak berhingga dan demikian juga dengan transfer data, maka bisnis lazada akan jadi bisnis yang sangat menguntungkan.... Data dan trafik yang sedemikian besarnya dari Lazada bisa dihosting unlimited dengan biaya Rp.30.000 sampai Rp.50.000 per bulan. Jadi Lazada bisa dong pakai shared hosting saja? Hehehe .... 😆

Anda harus tahu bahwa pada akhirnya anda akan dibatasi oleh kapasitas dari CPU dan RAM yang dialokasikan untuk anda. Untuk bandwidth sendiri mungkin anda akan dibatasi oleh nilai I/O yang ditetapkan untuk website anda. Jika I/O anda adalah 1 MB/detik, maka itulah batasan transfer data input dan output dari website anda setiap detiknya. Jadi kalau ada 100 visitor yang online secara bersamaan, maka anda bisa membayangkan apa yang terjadi.

Atau untuk kapasitas penyimpanan data; anda juga bisa dibatasi oleh inodes. Misalnya untuk web hosting murah anda bisa dibatasi oleh 50.000 inodes. Apa itu inondes? Sebuah inode adalah sebuah struktur data yang dipergunakan untuk menyimpan meta data dari sebuah file. Jadi jumlah inodes itu menunjukkan jumlah file dan folder yang dihosting di server dalam akun website anda.

Dalam kasus pemakaian yang wajar, sangatlah sulit untuk memenuhi batasan ini. Tapi kalau pengguna akun merasa bisa sepuasnya dan memakai akun hostingnya untuk membuat AGC yang menggenerate konten dalam jumlah besar, atau mengupload gambar yang sangat banyak, atau upload file-file dengan ukuran yang sangat besar. Maka siap-siap saja mendapatkan email pemberitahuan bahwa sumberdaya anda akan dikurangi atau bahkan auto suspend.

Jadi dalam membeli jasa web hosting murah itu kita juga harus rasional. Coba dipikirkan apakah anda akan mau memberi hosting ratusan giga dengan bandwith yang melayani 200.000 pengunjung per hari dengan biaya hanya Rp.30.000/bulan? Kalau anda tidak mau, maka orang lain juga tidak akan mau melakukannya untuk anda.

Mereka buka jasa hosting juga untuk profit.... dan bahasa UNLIMITED itu sekali lagi hanya bahasa pemasaran bagi klien mereka yang memakai kapasitas hosting dalam batas-batas kewajaran.

Jadi UNLIMITED itu bukan berarti TANPA BATAS. Arti dari UNLIMITED itu adalah TIDAK ADA BATAS JUMLAH TERTENTU YANG DITETAPKAN. Jadi anda bisa memakai dengan bebas sumber daya yang ada pada satu server tersebut, selama penggunaaan anda tidak mengganggu akun hosting lain.

Jika penggunaan anda mulai mengganggu kestabilan layanan server terhadap pengguna lain, maka anda sudah melanggar syarat layanan. Oleh karenanya itu; bagi anda yang berniat mengeksploitasi istilah UNLIMITED ini, lebih baik dibaca dulu Term Of Services-nya soal layanan unlimited ini. Anda bisa mencari TOS ini di dekat footer atau di footer website itu sendiri

BACKUP DATA DAN PROTEKSI KEAMANAN
Yang namanya mengelola website itu tentu saja peluang terjadinya masalah itu selalu saja ada. Website anda bisa saja kena hack, atau server bisa saja mengalami masalah hard disk yang parah sehingga anda menjadi kehilangan sebagian atau semua data anda.
Sangat disayangkan jika hal seperti ini terjadi. Jadi sebaiknya anda bertanya ke CS atau anda mengecek isi dari TOS mengenai layanan backup data anda. Apakah web hosting menyerahkan backup data untuk anda lakukan sendiri secara mandiri, ataukah web hosting secara reguler melakukan backup data untuk anda, sehingga anda bisa lebih tenang.

Anda juga bisa menanyakan ke CS dari web hosting anda tentang masalah keamanan jika terjadi serangan; atau apakah anda bisa mendapatkan bantuan penuh untuk memulihkan website anda jika website anda mendapatkan serangan hacker. Memastikan hal-hal seperti ini akan sangat membantu jika suatu saat anda mengalami masalah.

24/7 LIVE SUPPORT DARI CS. Apakah anda mengelola website yang sangat penting? Apakah anda ingin bisa dilayani CS selama 24 jam penuh setiap harinya jika sewaktu-waktu ada masalah? Jika bagi anda ini cukup penting, maka anda sebaiknya memastikan hal ini sebelum anda membeli paket hosting pilihan anda.

Selama anda tahu apa yang menjadi hak dan batasan anda (tentunya anda membaca TOS hosting anda) maka seharusnya CS akan selalu melayani anda dengan ramah. Biasanya CS akan menjadi jutek justru karena klien tidak tahu apa yang dimintanya itu melanggar TOS. Jadi sebaiknya anda menguasai TOS dari jasa web hosting murah yang anda pergunakan; supaya komunikasi anda bisa lancar dengan CS.

Ok, sekarang anda sudah mempunyai cukup gambaran tentang bagaimana cara anda memilih web hosting yang terbaik untuk website anda.

Post a Comment for "Tutorial Belajar SEO dan Blogging Hosting Murah"