makalah naib fa'il bahasa Arab
PEMBAHASAN
Pengertian Naibul Fail
Na’ib, artinya pengganti Fa’il artinya pelaku. Jadi Na’ibul Fa’il artinya pengganti pelaku. Yang di maksud di sini , bahwa Na-ibul Fa’il ialah isim yang marfu’ yang di dahului oleh Fi’il majhul atau syibhul majhul dan menempati tempat fa’il setelah fa’il itu di buang.
Contoh :
Anjing itu sudah dipukul = الْكَلْبُ ضُرِبَ .١
Anjing sedang/ akan dipukul = الْكَلْبُ يُضْرَبُ .٢
Kata-kata Al kalbu pada contoh ( 1 & 2 ) menjadi na’ibul fa’l Marfu’, tanda rafa’nya, dlomah. Sedang kata-kata dluriba dan yudlrabu adalah fi’il majhul yang kita maksudkan itu.
- Syibhu Majhul
Syibhu, artinya serupa, majhul artinya pasif. Jadi syibhul majhul artinya menyerupai kata kerja pasif. Yang dimaksudkan / termasuk syibhul majhul ada dua yaitu : Isim maf’ul dan isim yang bersambung dengan Ya’ nisbah ( yang menunjukkan arti, turunan, atau bangsa ). Keduanya mempunyai Na-ibul Fa’il seperti fi’il majhul. Contoh :
Dia terpuji akhlaqnya = خُلُقُهُ مَحْمُودْ هُوَ.١
Dia (pr) terpuji akhlaqnya = خُلُقُهَا مَحُمُوْدَةُ هِيَ.٢
Anak itu turunan Arab Ayahnya = اَبُوْهُ عَرَبِيُّ اَلْوَلَدُ.٣
Dia turunan Indonesia ibunya = اُمُّهُ نِيْشِيُّ اِنْدُوْ هُوَ.٤
Kata-kata ” ’Mahmudun dan Mahmudah”, adalah isim maf’ul ( syibhul majhul ). Kata ’’khuluquhu’’, menjadi na-ibul fa’ilnya.
Dan kata ’’ ’Arabiyyun dan Indonesiyyun”, adalah isim yang menunjukkan arti turunan ( isim mansub ); Dan kata-kata ’’a bu dan ummu, menjadi na-ibul fa’ilnya.
- Kata-kata yang dapat menjadi Na-ibul fa’il
Ada empat macam yang menjadi na-ibul fa’il yaitu :
1 . Maf’ul bih. Contoh : Anjing dipikul = كَلْبُ ضُرِبَ .١
2 . Jar marjur. Contoh : Dia digembirakan = بِهِ فُرِحَ .٢
3 . Zoraf. Contoh : Dijalani sehari penuh = كَامِلُ يَوْمُ سِيْرَ .٣
4 . Mashdar. Contoh : Dimandikan di sungai = النَّهْرِ غُسْلُ فِ يُغْتَسَلُ .٤
Kata-kata ’’alkalbu, pada contoh (1), menjadi maf’ul bih dalam kalimay aktif, dan manshub, setelah dimajhulkan, maka menjadi Na-ibul fa’il dan marfu.’
Kata ’’bihi’’, isim majrur, menjadi na-ibul fa’il dari furiha. Kata ’’Yawmun’’, zoraf, menjadi na-ibul Fa’il dari Musyiya. Kata ’’ightisa-lun’’, adalah mashdar, menjadi na-ibul fa’il dari Ughtusila.
Sebenarnya, setiap fi’il lazim ( intransitif ) seperti: Jalan Gembira dan mandi” itu, tidak bias di majhulkan ; tetapi boleh dimajhulkan, bila na-ibul fa’ilnya terdiri dari Jar marjur atau Zhoraf atau mashdarnya sendiri. Syaratnya, untuk zoraf dan mashdar itu, harus terdiri dari zoraf mutashorrif ( bukan yang mabni ), yang mahdud ( yang tertentu masanya ) seperti, sebulan, sejam, sehari, dan lain-lain. Tidak boleh zoraf yang mubham ( yang tidak jelas batasnya ) seperti waktu, sebelum, sesudah, dan lain-lain.
Begitu juga untuk mashdar, harus terdiri dari mashdar yang Mutashorrif ( bukan mashdar jamid/ jumud ) seperti Subhana ( maha suci ) karena mashdar semacam itu tetap menjadi maf’ul Muthlaq di mana pun letaknya. (pembahasan keduanya, lihat pada jilid II bagian zorof dan maf’ul muthlaq ).
- Fi’il Madli Majhul dan Na-ibul Fa’ilnya
Di atas telah dijelaskan, bahwa cara membuat fi’il majhul didlammahkan huruf pertama dan dikasrahkan huruf kedua sebelum akhir. Contoh :
Artinya setelah dimajhukan ! majhul(pasif) ! ma’lum(aktif)
1. Pisang dimakan ا لْمَوْزُ اُكِلَ اْلمَوْزَ اَكَلْتُ .١
2. Stip diambil اْلمِمْحَاةُتِ اُخِذَ الْمِمْحَاةَ نَا اَخَذْ .٢
3. Dikatakan padanya لَهُ قِيْلَ الَهُ قَالُوْ .٣
4. Jagung dijual الذُّرَّةُ بِيْعَتِ االذُّرَّةَ بَاعُوْ .٤
5. Musuh diperangi الْعَدُوُّ قُوْتِلَ الْعَدُوَّ قَاتَلْنَا .٥
6. Diperselisihkan tentang anjing الْكِلْبِ فيِ اُخْتُلِفَ الْعُلَمَاءُ اِخْتَلَفَ الْكَلْبِ فيِ
- F’il mudlore’ majhul dan na-ibul fa’ilnya
Cara memajhulkan fi’il mudlo-re’ ialah didlammahkan huruf pertama dan difat-hahkan huruf kedua sebelum akhir. ( lihat uraian kami tentang : Fa’il ma’lum dan majhul ). Contoh :
Artinya setelah dimajhulkan ! majhul ( pasif ) ! ma’lum ( aktif )
1. Pisang dimakan الْمَوْزُ يُؤْ كَلُ الْمَوْزَ كُلُوْنَ يَاْ هُمْ .١
2. Tas diambil الْمِحْفَظَةُ تُؤْ خَذُ الْمِحْفَظًةُ نَاْخَذُ نَحْنُ .٢
3. Ikan dijual السَّمَكُ يُبَاعُ السَّمَكَ تَبِيْعُ هِيَ .٣
4. Kopi diminum الْقَهْوَةُ تُشْرَبُ الْقَهْوَةَ يَشْرَبُ اَبِىْ .٤
5. Kopi diexsport الْبُنُّ يُسْتَخْرَجُ الْبُنَّ نَسْتَخْرِجُ تَحْنُ .٥
6. Beras diimport يُسْتَوْرَدُالْاَرُزُّ اْلَارُزّ نَسْتَوْردُ نَحْنُ .٦
7. Dua anak dipanggil الْوَلَدَانِ عَى يُدْ عُوْاالْوَلَدَيْنِ تَدْ اُمِّىْ .٧
8. Orang-orang kafir الْكَافِرُوْنَ يُقَاتِلُ الْكَافِرُيْنَ تِلُ نُقَا.٨
diperangi
Hukum-hukum Na-ibul Fa’il
1. Harus rafa’ contoh = الدَّرْسُ يُكْتَبُ / كُتِبَ
2. Na-ibul fa’il harus ada, artinya di mana ada fi’il majhul maka harus ada na-ibul fa’ilnya.
3. Na-ibul Fa’il harus terletak sesudah fi’il. Berarti, bila didahului oleh isim, Na-ibul Fail’nya terdiri dari dlomir.
Contoh :
a. Ahmad sudah di nasihati = اَحْمَدُ وُعِظُ
b. Aisyah sudah dinasihati = عَاءِشَةُ وُعِظَتْ
c. Anak-anak itu akan di pukul = اْلاَوْلَادُ يُضْرَبُ
d. Orang-orang Islam di ajak = الْمُسْلِمُوْنَ يُدْعَى
Pada contoh ( a & b) na-ibul Fa’ilnya terdiri dari dlomir mustatir ditaqdirkan Hua dan Hia, kembali kepada Ahmad dan Fathimah. Pada contoh ( c & d ) na-ibul fa’ilnya, terdiri dari waw jamak yang bersambung di belakang fi’il itu.
4. Fi’il harus tetap dalam bentuk Mufrad ( tunggal ) walaupun Naibul Fa’ilnya terdiri dari mutsanna ( dua atau jamak ).
Contoh :
a. Kedua anak itu dijumpai dijalan = لطَّرِيْقِ ا فِى نِ لَدَا لْوَ ا لُقِىَ . ا
b. Kedua akan dijumpai = لَدَانِ الْوَ يُلْقَى . ب
c. Orang-orang Islam telah dipanggil = نَ اْلمُسْلِمُوْ عِىَ دُ . ج
d. Orang-orang Islam akan dipanggil = نَ اْلمُسْلِمُوْ يُدْعَى . د
5. Harus dita’nitskan fi’ilnya, bila Na-ibul fa’ilnya Mu’annats ( perempuan ). Contoh :
a. Sapi sudah disembahkan = الْبَقَرَةُبِحَتِ ذُ . ا
b. Sapi akan disembelih = الْبَقَرَةُ بَحُ تُذْ . ب
c. Muslimat-muslimat dinasihati = الْمُسْلِمَاتُوُعِظَتِ . ج
d. Muslimat-muslimat sedang dinasihati = لْمُسْلِمَات ا تُوْعَظُ .د
6. Boleh dibuang Fi’ilnya dengan tetap fa’ilnya Na-ibul fa’ilnya. Seperti pada jawaban kalimat. Contoh :
Apa yang dipukuli ? Anjing = اَلْكَلْبُ - ؟ مَايُظْرَبُ
Siapa yang diajak ? Muhammad = مُحَمَّدُ - ؟ مَتْ يُدْ عَى
Kata-kata Al kalbu dan Muhammadaun, adalah na-ibul fa’il dari fi’il majhul yang dibuang. Taqdinya / seharusnya, sebab :
a. Anjing dipukul = الْكَلْبُ يُظْرَبُ .١
b. Muhammad diajak = مُحَمَدُ عَى يُدْ .ب
Tegasnya hukum-hukum Na-ibul fa’il pada prinsipnya sama dengan hukum-hukum Fa’il.
TEMPAT-TEMPAT HARUS DITA’NITSKAN FI’IL
1. Bila na-ibul fa’ilnya Muannats, bersambung dengan Fi’ilnya.
Contoh :
a. Mahasiswi dipanggil = الطَّالِيَةَ تُدْعَى / دُعِيَتْ
b. Ibuku dimuliakan = اُمِّىْ تُكْرَمُ / كْرِمَتْ
2. Bila naibul fa’il terdiri dari dlomir yang kembali kepada Mu’annats haqiqi atau Mu’annats Majazi. Contoh :
a. Bila anak yang dibunuh ditanyai = اِذَاالْمَوْؤْدَةُسِٔلَتْ .ا
b. Bila bumi sudah diratakan = مُدَّتْ اِذَااْلأَرْضُ .ب
c. Bila suraga sudah didekatkan = اُزْلِفَتْ اِذَااْلجَنَّةُ .ج
3. Bila na-ibul fa’ilnya terdiri dari dlomir yang kembali kepada jamak mu’annats atau jamak taksir dari isim yang Mu’annats atau jamak taksir dari isim yang tidak berakal. Dalam hal semacam ini, tidak boleh boleh dua cara menta’nitskan fi’ilnya, yaitu dengan Ta’ Ta’nits atau dengan Nun Niswah ( nun tanda jamak perempuan). Hanya saja bagi jamak Mu’annats lebih baik dijamakkan dengan Nun Niswah begitu juga jamak taksir dari isim yang Mu’annats. Sedang bagi jamak taksir dari isim Mudzakkar yang tidak berakal, lebih baik dita’nitskan Ta’ Ta’nits.
Contoh :
a. Muslimat-muslimat kumpulkan = جُمِعَتْ اَلْمُسْلِمَاتُ .ا
b. Fathimah-fhathimah kasihani = رُحِمَتْ اَلْفَوَاطِٔمُ .ب
c. Bila gunung-gunung sudah dihancurkan = سُيِرَتْ اِذَااُلجِبَالُ .ج
d. Bila Ruh-ruh disatukan lagi dengan jasad = جَتْ زُوِ اِذَاالنُّفُوْسُ .د
e. Bila laut-laut diluapkan = لْبِجَارُسُجِّرَتْ اِذَاا .ء
Boleh dita’nitskan fi’il atau tidak, pada tempat-tempat yang boleh dua cara pada fa’ilnya di atas.
Macam-macam Na-ibul Fa’il
Macam Na’ibul fa’il, sama dengan macam-macam Fa’il. Jadi Na’ibul fa’il, ada tiga macam juga, yaitu :
Isim zohir
Isim dlomir
Mashdar Mu’awwal
Contoh :
NAIBUL FAIL DARI ISIM ZOHIR
1. Air sudah di minum = اْلمَاءُ شُرٍبَ .ا
2. Dua pensil diambil = اُخِذَالْقَلَمَانِ .٢
3. Guru-guru dikumpulkan = اْلمُدِرِّسَاتُ جُمِعَتِ .٣
4. Mahasiswi-mahasiswi sedang dinasihati = لطَّالِبَاتُا تُوْعَظُ .٤
5. Dua murid (pr.) dikeluarkan = التِّلْمِيْذَتَانِ اُخْرِجَتْ .٥
NAIBUL FAIL DARI ISIM DLOMIR, MUFRAD GHA’IB DAN GAIBAH
Orang mufrad Ghaib dan Ghaibah (Lk & pr), contoh :
1. Ikan dimakan = يُؤْكَلُ السَّمَكُ .١
2. Susu sedang diminum = يُشْرَبُ اَللَّبَنُ .٢
3. Kopi sudah diminum = اَلْقَهْوَةُشُرِبَتْ .٣
4. Bantal dijemur = اَلْوَسَادَةُتُجَفَّفُ .٤
NAIBUL FAIL TERDIRI DARI DLOMIR GHAIB, DUA DAN JAMAK
Yaitu orang ketiga dua dan jamak laki-laki dan perempuan. Contoh :
Artinya ! Majhul ! Ma’lum
1. Mereka berdua ditolong = نُصِرَا نَصَرْنَاهُمَا .١
2. Mereka berdua (pr.) ditolong = نُصِرَتَا نَصَرْتُهُمَا .٢
3. Mereka ditolong = نُصِرُوْا هُمْ نَصَرْنَا .٣
4. Mereka (pr.) ditolong = نُصِرْنَ نَاهُنَّ نَصَرْنَ .٤
5. Mereka berdua dipanggil = يُدْعَيَانِ نَدْعُوْهُمَا .٥
6. Mereka berdua dipanggil = يُدْعَيَانِ نَدْعُوْهُمَا .٦
7. Mereka dipanggil = يُدْعَوْنَ اَلْأَسْتَاذُيَدْعُوْهُمْ .٧
8. Mereka (pr) dipanggil = يُدْعَيْنَ اَلْٔأُسْتَاذُيَدْعُوْهُنَّ .٨
Contoh-contoh (1 s/d 4) pemakaian fiil madli majhul dengan Naibul fa’il terdiri dari dlomir. Contoh-contoh ( 5 & 8), pemakaian fi’il Mudhore’ majhul dengan Naibul Fail terdiri dari dlomir juga.
NAIBUL FAIL TERDIRI DARI DLOMIR MUKHATHOB
Yaitu yang terdiri dari orang kedua laki-laki dan perempuan. Contoh :
1. Engkau (lk) ditunggu = اُنْتُظِرْتَ اَنْتَظِرُكَ .١
2. Kamu berdua ditunggu = اُنْتُظِرْتُمَا اِنْتَظًرْتُكُمَا .٢
3. Kamu semua ditunggu = اُنْتُظِرْتُمْ اِنْتَظًرَكُمْ اَلرَّجُلُ .٣
4. Engkau sedang ditunggu = تُنْتَظًرُ يَنْتَظِرُكَ اَبُوْكَ .٤
5. Kamu berdua ditunggu = تُنْتَظًرَانِ اَنَااَنْتَظِرُكُمَا .٥
6. Kamu semua ditunggu = تُنْتَظًرُوْنَ نَنْتَظِرُكُمْ نَحْنُ .٦
7. Engkau (pr) dipinang = تُخْطَبِيْنَ اَنَااَخْطُبُكِ .٧
Kamu berdua dipinang = تُخْطَبَانِ نَخْطُبُكُمَا نَحْنُ .٨
Kamu semua dipinang = تُخْطَبْنَ نَخْطُبُكُنَّ .٩
Engkau sedang diajar = تُعَلَّمُ اَلْاُسْتَاذُيُعَلِّمُكَ .١٠
Engkau berdua diajar = تُعَلَّمَانِ اَلْاُسْتَاذُيُعَلِمُكُمَا .١١
Kamu semua dihajar = تُعَلَّمُوْنَ اَلْاُسْتَاذُيُعَلِمُكُمْ .١٢
Contoh-contoh dari nomor ( 1 s/d ) untuk laki-laki. Sedang contoh-contoh dari nomor 7 s/d 12, adalah untuk perempuan.
NAIBUL FAIL TERDIRI DARI DLOMIR MUTAKALLIM
Yang terdiri dari orang pertama tunggal dan jamak. Contoh :
Saya sudah dimarahi/dibenci = اُبْغَضْتُ اَبْغَظًنِىْ اَبِى .١
Saya akan dimarahi/dibenci = اُبْغَضُ يُبْغِضُنِىْ اَبِى .٢
Kami sudah dimarahi/dibenci = اُغْضَبْنَا اَغْضَبَنَا اَلْوَالِدَانِ.٣
Kami akan dimarahi/dibenci = نُغْضَبُ وَالِدَانَايُبْغِضُنَا .٤
NAIBUL FAIL TERDIRI DARI MASHDAR MU’AWWAL
Diharapkan engkau hadir = حَاضِرُ اَنَّكَ يُرْجَى .١
Taqdirnya : diharapkan kehadiranmu = حُضُوْرُكَ يُرْجَى
Dikhawatirkan engkau pergi = تَذْهَبَ اَنْ يُخْشَى .٢
Taqdirnya : dikhawatirkan kepergianmu = ذِهَابُكَ يُخْشَ
· Isim dhohir di bagi menjadi tiga yaitu:
1. Isim Mufrod
2. Isim Tasniyah
3. Isim Jamak
- Sebab – sebab membuang Fa’il
Di dalam pembuatan naibul fail itu karena dibuangnya fa’il dan diantara sebab – sebab membuang, fa’il adalah:
1. للعلم به(Karena sudah di ketahui)
Contoh: وحلق الانسان ضعيفا
2. للجهل به(Karena tidak di ketahui, jadi tidak bisa menyebutkan)
Contoh: سرق الامتعة البارخة
3. للخوف عليه(Karena mengawatirkan fa’il)
Contoh: ضرب ابن احيك مساء
4. للحوف منه(Karena takut padanya)
Contoh: اختطفت طائرة جارودا المتو جهة الهند
5 . للرغبة فى اخفاءه للابهام(Karena ingin atau bermaksud untuk menyelamatkan dan merahasiakan).
Contoh: ركب الحصن امام ساحة المدرسة
6. لتعظيمه / لبشر فه(Karena kemuliaannya atau karena mengagungkannya)
Contoh: علملت الفاحشة فى اليلة المنصرمة
7. لتحقيره(Karena meremehkannya)
Contoh: ئظم المعهد تنظيما رصينا معجبا
8. لعدم تعلق الفئدة بذكره(Karena tidak ada gunanya untuk disebutkan)
Contoh وادا حبيتم بتحية فحية فحيوا باحسن منها اوردواها :
· Cara membuat fi’il mabni majhul
Untuk membuat fi’il mabni majhul untuk fi’il madli yaitu huruf pertama harus di baca dhomah dan huruf sebelum ahir dibaca kasroh dan untuk fi’il mudhori’ maka huruf prtama dibaca dhomah dan huruf sebelum akhir dibaca fathah.
Contoh:
Fi’il madly قرئ القران :
Fi’il Mudhori : ينصر الجيش
Dan dalam pembuatan fi’il mabni majhul jika fi’il madli yang disandarkan pada naibul fail itu huruf pertama berupa ta’ muthowa’ah (تاءالطاوعة)maka huruf yang kedua juga dibaca dlomah seperti huruf pertama contoh: تعلمت
Dan jika fi’il madli yang dimabnikan majhul itu, jika huruf pertama berupa hamzah wasul, maka huruf yang ketiga juga dibaca dlomah seperti huruf pertama.
Contoh: استحرج
Apabila fi’il madli yang dimabnikan majhul itu terdiri dari fi’il sulasi mu’tal ain (fi’il yang a’in fi’ilnya berupa huruf ilat) maka fa’ilnya bisa dibaca tiga macam bacaan yaitu:
Di baca kasroh dan mengganti huruf ilat (alif) dengan ya’
Contoh: بيعتasalnya باع
di baca dlomah dan mengganti alif dengan wawu
Contoh: بوعasalnya باع
di baca isymam (membaca)
Fi’il madli tsulasi binak mudloaf (yang ‘ain fi’ilnya dan lam fi’ilnya hurufnya sama) yang mabnikan majhul itu fa’ilnya juga bisa dibaca tiga macam yaitu dlomah, isymam, kasroh.
Contoh: مدالحبل، مدالحبل، مدالحبل
Fi’il madhi tsulasi mazid khumasi yang ikut wazan افتعلdan انفعلyang terdiri dari fi’il mu’tal ‘ain (معتل العين)itu jika di mabnikan majhul tiga macam: dlomah, kasorh dan isymam seperti fa’ fiilnya fiil tsulasi mu’tal ‘ain yang dimabnikan majhul.
Contoh:
a. yang ikut wazan احتور : افتعل
b. yang ikut wazan انقيد: انفعل
· Lafadz – lafadz yang bisa dijadikan naibul fa’il
Lafaldz – lafadz yang bisa dijadikan naibul fail itu ada empat yaitu:
Maf’ul bih contoh:
قرئ القرانAsalnya قرأ محمد القران
Masdar contoh:
فرح زيد فرحا شديدAsalnya فرح فرح شديد
Jer majrur contoh:
جلس على الكرسىAsalnya جلس حالد على الكرسى
Dhorof contoh:
صيم رمضانAsalnya صام المسلمون رمضان
Dhorof, masdar, jer majrur itu tidak bisa dijadikan naibul fa’il (sekalipun sudah memenuhi syarat) jika dalam susunan atau kalimat itu ada maf’ul bih (jadi yang berhak atau harus dijadikan naibul fa’il adalah maful bih) akan tetapi kadang – kadang ada juga yang dijadikan naibul fail (padahal dalam kalimat tersebut terdapat maf’ul bih).
BAB III
PENUTUP
- Kesimpulan
Naibul Fa’il adalah Isim yg dirofa’kan baik secara lafzhan atau mahallan, menggantikan dan menempati tempatnya fa’il yang dibuang dan fi’ilnya dibina’ Majhul. Baik isim yang menggantikan itu asalnya berupa Maf’ul bih atau serupanya semisal Zhorof, Masdar, Jar-majru dll.
Naibul Fail terbagi menjadi 3 macam yaitu Isim zohir, Isim dlomir, Mashdar Mu’awwal , Isim dlomir itu sendiri di bagi dua yaitu dlomir mutasil dan munfasil dan isim dhohir itu dibagi tiga yaitu terdiri dari isim mufrod, isim jamak, dan isim tasniyah dan sebab – sebab membuang fail adalah:
1. للعلم به
2. للجهل به
3. للخوف عليه
4. للحوف منه
5. للرغبة فى اخفاءه للابهام
6. لتعظيمه / لبشر فه
7. لتحقيره
8. لعدم تعلق الفئدة بذكره
Post a Comment for "makalah naib fa'il bahasa Arab"
komentar di sini
Post a Comment