Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download Buku Habis Gelap Terbitlah Terang Karya R.A Kartini

Habis Gelap Terbitlah Terang

Pengarang                  : Armijn Pane
Tebal Halaman          : 204 halaman
Penerbit                      : PT Balai Pustaka (persero)
Tahun Terbit               : 2008
Jenis                           : Biografi
Cetakan                      : Ketiga
Sinopsis                      :
              Raden Ajeng Kartini dilahirkan di pesisir utara Pulau Jawa tepatnya yaitu Kota Jepara pada tanggal 21 April 1879. Beliau adalah seorang putri dari bupati Jepara saat itu yang bernama Raden Mas Adipati Sastrodiningrat dan merupakan cucu dari Bupati Demak yang bernama Tjondronegoro. Pada era kartini yaitu abad 19 ahir dan 20 awal perempuan – perempuan di negeri ini tidak boleh memiliki kebebasan dalam berbagai hal, baik dalam hal pendidikan maupun dalam hal menentukan jodoh atau suaminya sendiri, Kartini yang terlahir sebagai seorang perempauan yang tidak bisa memiliki pilihan apapun dengan ditambahnya perbedaan perlakuan terhadap saudara saudara lelaki nya dan juga teman – temannya serta kaum perempuan Belanda yang membuatnya merasa iri pun semakin meningkatkan tekad nya untuk merubah kebiasaan tersebut.
        Buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” ini merupakan buku yang berisi tentang kisah-kisah hidup pahlawan emansipasi wanita yaitu R.A. Kartini. R.A. Kartini lahir di Jepara pada tanggal 21 April 1879. R.A Kartini merupakan putri dari Raden Mas Adipati Sastrodiningrat seorang bupati Jepara dan ibu kandungnya bernama             M.A. Ngasirah, seorang wanita pribumi. Kartini adalah anak ke-lima dari sebelas bersaudara. Empat kakaknya adalah laki-laki sehingga Kartini adalah anak perempuan tertua.
        Kartini dikenal sebagai tokoh emansipasi wanita yang mempunyai cita-cita besar dalam mewujudkan kesamaan hak antara laki-laki dan perempuan. Beliau menginginkan wanita bisa mendapatkan kebebasan terutama dalam mengeyam pendidikan karena pada saat itu wanita hanya diam di dalam rumah, dipingit, dan tidak boleh melanjutkan pendidikan setelah umur 12 tahun. Pada saat itu wanita seperti dirampas haknya, para wanita hanya boleh berdiam diri di dalam ruang, menyelesaikan pekerjaan rumah seperti bekerja di dapur, di kamar, dan tunduk terhadap semua peraturan di sekitarnya. Bahkan pada saat masa kolonial Belanda, seorang bupati diharuskan untuk poligami. Wanita hanya sebagai penghias, penghibur, dan seperti gelap, tidak ada maknanya. Miris. Namun, karena Kartini adalah seorang wanita yang mempunyai empati tinggi dan beliau juga bisa merasakan penderitaan dirinya sendiri serta wanita-wanita lain di sekitarnya, Kartini mempunyai gagasan bagaimana caranya agar para wanita bisa bebas, bisa melanjutkan pendidikan, dan tidak ditindas. Berbagai usaha sudah beliau lakukan, termasuk yang diceritakan dalam buku ini adalah Kartini belajar berbagai bahasa asing sehingga beliau sering bertukar cerita lewat surat-surat yang beliau kirimkan kepada teman-temannya di berbagai negara. Dalam buku “Habis Gelap Terbitlah Terang” ini menampilkan banyak surat yang Kartini kirimkan kepada teman-temannya di luar negerti, surat-surat ini berisi penuh cerita tentang kondisi Kartini di lingkungannya dan harapan Kartini bagaimana untuk kedepannya.

       Kartini juga sempat ingin melanjutkan pendidikannya di luar negeri, teman-temannya di luar negeri pun membantu dan mengusahakan agar Kartini bisa menuntut ilmu disana. Namun karena beliau dilarang dan beliau memilih tunduk terhadap ayahnya, rencana untuk melanjutkan pendidikan di luar akhirnya pupus. Harapannya untuk melanjutkan pendidikan di luar pupus juga karena beliau harus menikah dengan seorang adipati Rembang pada umur 24 tahun.

    Usaha yang dilakukan oleh Kartini yang lainnya adalah setelah menikah dengan Raden Adipati Joyodiningrat yang merupakan bupati Rembang pada saat itu, Kartini mendirikan sekolah khusus wanita di daerahnya. Sekolah tersebut mempelajari tentang tata cara menjahit, memasak, dan kegiatan lainnya yang berhubungan dengan pekerjaan wanita.

     Setelah melahirkan anak pertamanya pada tanggal 13 September 1904, empat hari kemudian pada tanggal 17 September 1904 dalam usia 25 tahun, Kartini pun tutup usia.

Perjuangannya untuk mengangkat hak-hak wanita masih belum selesai, masih diteruskan oleh berbagai pahlawan-pahlawan wanita yang lain.
Begitulah sekelumit tentang sinopsis buku ini kalian bisa mendownloadnya file pdfnya via google drive di bawah ini

2 comments for "Download Buku Habis Gelap Terbitlah Terang Karya R.A Kartini "

Rahmadinah Diva Zhavira October 4, 2021 at 8:36 AM Delete Comment
ceritanya seru
Anonymous September 15, 2022 at 4:32 PM Delete Comment
Download Buku Habis Gelap Terbitlah Terang Karya R.A Kartini "