Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Terjemah AT-TADZHIIB Fii Adillati MATNI AL GHOYAH WAT TAQRIIB

AT-TADZHIIB

Fii Adillati

MATNI AL GHOYAH WAT TAQRIIB

Yang terkenal dengan nama:

MATNU ABI SUJAK

Fil Fiqhi As-Syafi’ie

DOKTOR MUSTHOFA DIIB AL BAGHO
Doktor di bidang Syari’ah (hukum) Islam.

Alih bahasa oleh:

Drs. H. KUSNANA.


Kitab At-Tadzhib fii Adillah Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib adalah kitab fiqih madzhab Syafi’i yang ditulis oleh ulama kontemporer asal Suriah, Prof. Dr. Mushthafa Dib al-Bugha. Kitab ini merupakan syarah dari kitab Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib, atau yang lebih dikenal dengan nama Matn Abi Syuja’, yang ditulis oleh al-Qadhi Abu Syuja’ al-Ashfihani, yang hidup di abad 5 hijriyyah.

Kitab Matn Abi Syuja’, kitab yang sangat populer dalam madzhab Syafi’i, ditulis secara ringkas dan tanpa menyebutkan dalil, hanya berisi kesimpulan-kesimpulan hukum fiqih. Ini karena kitab tersebut memang ditulis untuk mudah dihafal, sedang pembahasan yang rinci beserta dalil-dalilnya bisa dipelajari dari kitab lain. Kitab ini kemudian banyak di-syarah (diperluas pembahasannya dalam kitab lain) oleh para ulama, dengan memuat dalil-dalil dan/atau penjelasan lebih rinci. Salah satu kitab syarah tersebut adalah kitab ِAt-Tadzhib fi Adillah Matn Al-Ghayah wa At-Taqrib.

Kitab At-Tadzhib ini tidak memberikan penjelasan terhadap Matn Abi Syuja’ secara panjang lebar. Ia lebih fokus pada penyebutan dalil-dalil terhadap satu persoalan hukum dari al-Qur’an, as-Sunnah maupun atsar Shahabat, ditambah qiyas pada beberapa tempat. Penjelasan di luar itu hanya diberikan jika benar-benar diperlukan untuk memudahkan pemahaman, tapi bukan untuk memperluas dan memperlebar pembahasan. Kitab ini sangat cocok untuk pelajar fiqih pemula, yang akan kesulitan jika diajak mempelajari bab-bab fiqih terlalu dalam.

Dalam sambutan terjemah ini beliau mengungkapkan:

بسم اللـه الرحمن الرحيم
Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, sholawat serta salam semoga terlimpah kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw. termasuk keluarga beserta para sahabat beliau.
Remaja Masjid Da’watul Khoirot Sumbersari Malang mendesak saya untuk membina mereka di bidang keagamaan khususnya dan
kemasyarakatan Islam pada umumnya. Saya memilih Tadzhiib sebagai bahan kajian utama, karena saya pandang kitab ini cukup lengkap padat dan disertai dengan dalil-dalil dari al-Qur’an, as Sunnah dan beberapa syarah dari ahlinya.

Setelah berjalan beberapa kali pertemuan, maka terlintas di benak saya untuk menerjemahkan kitab ini agar dimanfaatkan oleh lebih banyak
kalangan ummat Islam terutama generasi mudanya. Penerjemahan ini secara keseluruhan berbahasa Indonesia, keculi istilah fiqih yang baku tetap saya tampilkan dalam bahasa aslinya agar ummat Islam terbiasa dengan istilah-istilah fiqih yang berlaku umum. Di samping itu juga tetap saya tampilkan teks aselinya terhadap bacaan atau do’a yang dipergunakan sehari-hari disertai dengan terjemahnya. Pada kitab aslinya
catatan kaki dibuat perhalaman, sedang dalam terjemahan ini catatan kaki saya buat per-bab (kitab) dengan satu urutan nomor catatan kaki dengan tetap memperhatikan urutan catatan kaki kitab aselinya, sehingga mudah untuk mencocokkan kembali kepada kitab aselinya.

Saya menyadari sepenuhnya, bahwa penerjemahan ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kepada semua pemerhati saya mohon kiranya berkenan memberikan kritik dan saran demi sempurnanya tulisan ini, dan
atas perkenannya saya ucapkan terima kasih.
Semoga usaha ini mendapatkan ridlo dari Allah swt. Aamiin.

Download: Pdf.

1 comment for "Terjemah AT-TADZHIIB Fii Adillati MATNI AL GHOYAH WAT TAQRIIB"

Unknown March 16, 2020 at 11:14 PM Delete Comment
Your Affiliate Money Printing Machine is ready -

And getting it running is as simple as 1..2..3!

Follow the steps below to make money...

STEP 1. Input into the system what affiliate products the system will promote
STEP 2. Add PUSH BUTTON traffic (this LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the system explode your list and sell your affiliate products all for you!

Are you ready to make money ONLINE???

Click here to launch the system