Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sayyidah Khadijah binti Khuwailid

Sayyidah Khadijah binti Khuwailid
Istri setia, selalu siap sedia
Apa yang paling diharapkan dari seorang isteri ketika tantangan dan cobaan berat sedang dialami suaminya; ya .. kesetiaan.

Suatu kali terjadi peristiwa besar yang dialami Rasululloh Saw.saat beliau menyendiri di Goa Hira, merenungi kebesara Penciptanya dan meninggalkan hiruk pikuk kejahiliahan kaumnya, datanglah malaikat Jibril  menurunkan menyampaikan wahyu-Nya yang pertama.

Berkali-kali malaikatJ memeluknya dengan kuat seraya memerintahkan:
“Bacalah !”
Berkali-kali itu pula Rasululloh SAW menjawab:
“saya tidak dapat membaca”.

Kemudian turunlah ayat dalam surah al 'Alaq 1-5:
بِسْمِ الله الرحمن الرحيم 

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَقَۚ

Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang menciptakan,

خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ

Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah.

اِقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ
Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Mahamulia,

الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ
Yang mengajar (manusia) dengan pena.

عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ
Dia mengajarkan manusia apa yang tidak diketahuinya.

Setelah peristiwa tersebut,Rosululloh SAW kembali kerumahnya dengan badan gemetar,ketakutannya masih belum hilang dengan apa yang baru saja di alami.
Beliau segera masuk menenui Khadijah, seraya berkata:
" Selimuti aku ...selimuti aku”

Sayyidah Khadijah segera menyelimutinya.

Perasaan takut Rosululloh SAW mulai reda, Kemudian beliau menceritakan kepada isterinya yang setia apa yang terjadi di goa hira.

Rasululloh  “Saya khawatir jika terjadi apa-apa pada diri saya" 
Siti khadijah segera menenangkan dan menghibur Rosululloh SAW.

“Tenanglah, demi Alloh,DiA tidak akan pernah menghinakan mu,engkau adalah orang yang suka menyambung silaturahim berkata jujur dan membantu orang lemah serta suka menolong pada jalan kebaikan ”...

KemudianSiti Khadijah mengajak Rasululloh SAW pergi ke rumah pamanya ,Waraqoh bin naufal;seorang tua renta dan buta yang banyak mengetahui isi kitab Taurat dan Injil. Sayyidah khodijah menceritakan apa yang terjadi Mendengar hal tersebut Waraqoh tampak gembira ;
 “Itu adalah Malikat Jibril yang ALLOH Swt turunkan kepada Nabi Muhammad dan engkau adalah Nabi bagi umat ini”.katanya berseri-seri.
   
Demikianlah,Siti Khadijah merupakan isteri teladan,penolong utama aRasululloh SAW.Dia membela Rasululloh dengan jiwa dan hartanya .Dia pula yang pertama kali beriman dan membenarkan da'wah Rosululloh SAW,dan ikut meraskan berat dan pedihnya tantangan dakwah yang dialami Rasululloh SAW.

Karena itu, ketika Sayyidah Khadijah meninggal, kenangan indak bersamanyan selalu terbayang di benak beliau Rasululloh SAW. Beliau bersabda:

"Dia beriman kepadaku ketiak orang-orang ingkar kepadaku,dia membenarkan ketika orang-orang mendustakanku,dia menyrahkan hartanya untukku ketiak orang-orang mencegah hartanya untukku, dan Alloh memberiku keturunan lewatnya,sementara yang lainnya tidak mendapatkanya”

Begitu seterusnya,Sayyidah Khadijh mendampingi RasulullohSAw, pada masa awla perjuanganya yang sangat berat,hingga ajal menjemputnya.

Semasa Sayyidah Khadijah hidup,Rosululloh tidak menikah dengan wanita selainya. 
Semoga Allah meridhoinya.




Post a Comment for "Sayyidah Khadijah binti Khuwailid"