Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Murodan Al-Ajurumiyyah Metode Praktis Belajar Ilmu Nahwu Ala Pesantren


Murodan Al-Ajurumiyyah  merupakan karya monumental al-marhum al-maghfurlah KH. Durmudji Ibrahim sebagai generasi ke 3 pengasuh Asrama Pesantren Shorof Nahwu (ASPN) Miftahul Ulum Lirap, Kebumen Jawa Tengah. Buku tersebut ditulis dengan arab pegon jawa yang kental di kalangan santri. KH. Durmujdi Ibrohim merupakan sosok yang mumpuni dalam kajian ilmu Alat (gramatikal bahasa Arab).

kitab ini Sejatinya adalah Syarah (keterangan) dari kitab al Ajurumiyyah dengan penjelasan yang mendalam dan penyajian yang mudah.

Karya beliau ini, telah dihafalkan dan dikaji oleh ribuan santri diberbagai pesantren yang fokus mengkaji ilmu Nahwu, khususnya di PP. Muftahul Ulum. Beliau sangat disiplin dan ulet saat mengajarkannya kepada para santri dengan suaranya yang lantang bersautan sehingga memecah keheningan malam. 

Para santri dituntut untuk hafal murodan dari kata per kata dan menyetorkanya dengan suara yang keras. Dengan demikian, selain mengasah ketajaman hafalan mereka, dengan menghafalkanya pun akan menjadi labet atau dapat membekas yang berdampak baik untuk mengikuti jenjang selanjutnya dalam belajar khususnya ilmu Nahwu.

Murodan Al-Ajurumiyyah ini, telah dibukukan dan dialih bahasakan ke dalam bentuk bahasa Indonesia. Hal tersebut, bukan berarti mengubah keaslian dari karya beliau tersebut akan tetapi melihat sekarang banyak yang menerjemahkan buku tersebut tanpa meminta izin kepada pihak dari Al-Maghfurlah KH. Durmudji Ibrahim dan juga atas pertimbangan pihak keluarga beliau dan para alumni PP. Miftahul Ulum.

Dituliskan dalam kata pengantar Murodan yang telah diterbitkan ini, KH. Durmujdi Ibrahim, menuliskan; harapan kami dengan dituliskanya buku ini ke dalam bahasa Indonesia dengan judul "Murodan: Metode Praktis Belajar Ilmu Nahwu Ala Pesantren" akan lebih banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan menjadi pahala amal yang tidak terputus bagi orang tua kami.

Disini kami akan membahas secara singkat, dari pembahasan Murodan ini, dan mengajak kalian semua untuk lebih tertarik dalam belajar memahami bahasa Arab yang menjadi bahasa pedoman kita yaitu Al-Qur'an. dan ingin mengajak kalian semua belajar Nahwu khususnya. kami mohon do'anya kepada para pengunjung semoga kami dapat diberikan istiqomah dalam menuliskan beberapa artikel ke depan dan semoga dapat memberikan manfaat bagi kita semua melalui karya monumental Beliau ini beserta ilmunya di dunia dan akhirat.

Bagi yang ingin membeli bukunya silahkan pesan saja disini