Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jangan Kau Bersedih setelah Hari Ini|Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi

    
Jangan Kau Bersedih setelah Hari Ini 

الشيخ محمد متولي الشعراوي


   Siapa yang tak kenal syeikh al 'alamah al mufassir Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi lahir pada tanggal 16 April 1911 M Desa Daqadus, Distrik Mith Ghamr, Provinsi Daqahlia, Republik Arab Mesir. pada usia. Beliau wafat pada tahun 1998,
    Banyak sekali karya-karya beliau dalam beberapa fan ilmu yang terkenal diantaranya adalah faidur rohman,qoshosul anbiya',& hadzaa diinunaa



 Berikut adalah pesan-pesan yang disampaikan di dalam sebuah video pendek oleh As-Syeikh Mutawalli as-Sya'rawi dalam sebuah kajian bertema "Jangan Kau Bersedih Setelah Hari Ini". Beliau berkata:

"Ada salah satu Hadits Qudsi yang mana hadits tersebut menjadi pedoman bagi orang-orang yang beriman. Allah azza wa jalla berfirman:

" يا ابن آدم: لا تخافن من ذي سلطان، ما دام سلطاني باقياً، وسلطاني لا ينفد أبداً.

Wahai anak Adam, janganlah kau takut terhadap kekuasaan. Selama kekuasaankulah yang abadi. Dan kekuasaanku tidak akan pernah habis. 

يا ابن آدم: لا تخش من ضيق الرزق وخزائني ملآنة، وخزائني لا تنفد أبدا.

Wahai anak Adam, jangan takut dari sempitnya harta, sedangkan harta-Ku melimpah, dan tidak akan pernah habiz. 

يا ابن آدم: لا تطلب غيري وأنا لك، فإن طلبتني وجدتني، وإن فتني فتك وفاتك الخير كله.

Wahai anak Adam, jangan minta kepada selainku, Aku padamu. Jika kau mencari-Ku kau akan temukan. Jika kau abaikan Aku, aku akan mengabaikanmu juga segala kebaikan yang ada. 

يا ابن آدم: خلقتك للعبادة فلا تلعب، وقسمت لك رزقك فلا تتعب، ( يعني الجوارح تعمل و القلوب تتوكل) فإن أنت رضيت بما قسمته لك أرحت قلبك وبدنك، وكنت عندي محموداً، وإن لم ترض بما قسمته لك فوعزتي وجلالي لأسلطن عليك الدنيا، تركض فيها ركض الوحوش في البرية ثم لا يكون لك منها إلا ما قسمته لك، وكنت عندي مذموماً.

Wahai anak Adam, Aku menciptakanmu untuk beribadah, maka janganlah bermain-main dan Aku telah menjamin rizkimu maka jangan berlelah-lelah. (lelah di sini maksudnya adalah lelah raga, tetapi hati tetap bertawakkal pada Allah.) jika kalian ridha dengan pemberianku, maka akan Aku bahagiakan jiwa dan ragamu. Dan kucatat kau sebagai hamba yang terpuji. Jika kau tidak ridha dengan ketentuan-Ku atasmu, maka aku akan menjadikan kesusahan dunia atasmu, dan kau berlari mengejar dunia seperti hantu berlarian di hutan pada malam hari. Kemudian kau tidak akan mendapatkan apapun kecuali apa yang aku tetapkan atasmu.

يا ابن آدم: خلقت السموات السبع والأراضي السبع ولم أعيى بخلقهن، أيعييني رغيف عيش أسوقه لك بلا تعب؟

Wahai anak Adam, Aku telah menciptakan langit dan bumi, dan aku sama sekali tidak merasa kesusahan. Apakah susah bagiku untuk mengatur rezekimu? 

يا ابن آدم: إنه لم أنس من عصاني، فكيف من أطاعني، وأنا رب رحيم وعلى كل شيئ قدير.

Wahai anak Adam, sesungguhnya Aku tidak melupa siapapun yang bermaksiat kepadaku, bagaimana mungkin aku melupa mereka yang taat padaku. Aku adalah Tuhan yang maha penyayang dan mampu atas segala sesuatu. 

يا ابن آدم: لا تسألني رزق الغد كما لم أطلبك بعمل الغد.

Wahai anak Adam, jangab kau tanya pada-Ku mengenai rezeki hari esok, sebagaimana Aku tidak tanya padamu mengenai amalmu besok.

يا ابن آدم: أنا لك محب فبحقي عليك كن لي محباً."

Wahai anak Adam, sesungguhnya aku mencintaimu. Maka atas hak-Ku ini, jadilah hamba yang mencintaiku."


Semoga kita dijadikan oleh Allah sebagi hambanya yang bertakwa, yang memiliki hati yang lapang. Aamiin.

Post a Comment for " Jangan Kau Bersedih setelah Hari Ini|Syeikh Mutawalli al-Sya’rawi "