Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengajar Ngaji Ditengah Pandemi - Mahasiswi KKN DR STAINU Purworejo 2020

Saat ini sebagian mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlotul Ulama (STAINU) Purworejo  sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Pelaksanaan KKN kali ini jauh berbeda dengan yang sebelumnya, akibat adanya pandemi Covid-19 ini, di mana saat ini dilaksanakan dari rumah (DR) guna memutus penyebaran covid-19.


Begitu juga akibat pandemi virus corona kegiatan belajar dan mengajar di tiadakan secara sementara. Kegiatan belajar mengajar saat ini dilakukan di rumah guna memutus rantai penyebaran covid-19. Anak pun akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah saat situasi pandemi ini.

Begitu juga dengan kegiatan mengaji di TPQ Al-Fikriyya, setelah satu bulan diliburkan selama bulan romadhon dikarenakan pengasuh TPQ khawatir dengan para santri TPQ, anak santri TPQ Al-Fikriyya memulai kembali kegiatan mengaji 10 Syawal 1441 Hijriyah.

Pendidikan sangat penting bagi anak-anak, khususnya ilmu agama dan baca Al-Quran. Ditengah pandemi Covid 19, beberapa TPQ atau majelis ta'lim seperti TPQ Al-Fikriyya tetap melangsungkan belajar mengajar sesuai perintah agama.

Berbeda dengan sistem pengajaran sebelumnya, dimana anak-anak didik yang datang ke TPQ, harus mematuhi peraturan di TPQ ditengah pandemi ini seperti memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk ke TPQ.

Nafisatul Fikriyyah, Mahasiswi STAINU Purworejo program studi PAI(Pendidikan Agama Islam) Fakultas Tarbiyah ini sendirian saja melakukan KKN DR di desa Bedono Kluwung, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Purworejo.

Dalam melaksanakan kegiatannya Nafisatul Fikriyyah memfokuskan untuk mendukung pelaksanaan program pemerintah seperti mengajarkan anak-anak mengaji, yang bertujuan agar tidak ada anak-anak Desa Bedono Kluwung yang buta huruf Arab. Nafisatul Fikriyyah megajarkan anak-anak tersebut bacaan Al Qur'an, tajwid, dan hafalan surat pendek.

Selain hal itu, Nafisatul Fikriyyah juga turut membagikan masker kepada sebagian santri TPQ Al-Fikriyya, membagikan hadiah untuk anak yang bisa menjawab tes hafalan surat pendek, serta membagikan sembako bagi warga yang membutuhkan.

Menurut Nafisatul Fikriyyah pelaksanaan KKN DR di desanya sendiri menjadikan dia lebih mudah untuk bersosialiasi dan menjalankan program yang telah disusunnya.

Nafisatul Fikriyyah dalam pelaksanaan KKN DR dibimbing oleh Siti Khusniyati Sururiyah, M.Pd.I Dosen Prodi PAI STAINU Purworejo.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh Nafisatul Fikriyyah selama KKN DR memberikan manfaat kepada warga desa.

Post a Comment for "Mengajar Ngaji Ditengah Pandemi - Mahasiswi KKN DR STAINU Purworejo 2020"