Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Fakta Kebenaran Ilmiah yang di Contohkan Nabi SAW

Ingatkah Anda saat Rasulullah kehilangan istrinya Khadijah yang dinikahinya selama 25 tahun? Saat itu jarak usia diantaranya terpaut cukup jauh, yaitu 15 tahun. Saat dinikahi Nabi, Khadijah sudah berusia 40 tahun sedangkan Rasul berusia 25 tahun.

Tapi usia tidak menjadi penghalang beliau untuk mencintai Khadijah. Dan pada saat Khadijah wafat, Rasulullah sangat terpukul. Apalagi hari kematian Khadijah tidak berselang lama setelah meninggalnya paman beliau yang amat disayanginya, Abu Thalib.
Too much love will kill you..
Kecintaan yang terlalu dalam terhadap seseorang atau sesuatu sangat tidak bijak, bahkan bisa mematikan. Sebagai insan manusia, tentunya rasa cinta itu adalah suatu hal yang wajar.
Ya…
…karena manusia sebagai mahluk yang dianugrahi perasaan, sangatlah wajar jika timbul rasa suka, sayang dan bahkan cinta. Dan itu tidak bisa dielakan sahabat Sunnah.
Bahkan Nabi besar kita, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam pernah merasa kehilangan atas kepergian seseorang.

Dalam sebuah survey yang dilakukan Robert Wood Johnson Foundation dan Harvard School of Public Health di Amerika tahun 2014, menunjukan bahwa salah satu penyebab stres adalah masalah hubungan pribadi. Berikut statistiknya:

Dan jika Anda adalah salah seorang yang pernah atau saat ini sedang patah hati, segeralah bangkit. Karena ada enam plus satu dampak patah hati bagi kesehatan tubuh, jika Anda tidak segera move on.
Disadari atau tidak, gangguan kesehatan ini mungkin sering Anda alami saat Anda patah hati. (www.sunnahsehat.com)
...untuk itu jangan sampai anda berpatah hati dan segera obatilah rasa sakit hati tersebut.
Tetapi kali ini kami akan mengemukakan fakta kebenaran sehari-hari yang di contohkan Nabi SAW yang banyak dalam hal kesehatan.

1. Jangan Marah
hipwee.com
Ilmu kedokteran modern menemukan bahwa ada banyak perubahan yang terjadi pada fisik manusia yang disebabkan oleh amarah. Amarah seseorang akan mempengaruhi kecepatan detak jantung, menyebabkan tekanan darah meningkat, menambah kadar gula dalam darah, membahayakan pembuluh jantung, serta membuka peluang datangnya penyakit-penyakit jantung yang mematikan.
dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh imam Bukhori dalam Shohihnya dari Abu Hurairah RA, bahwa seorang lelaki meminta wasiat kepada Rosululloh SAW dan berkata, "Berilah aku wasiat!" Beliau SAW bersabda, "jangan marah" Lelaki tersebut mengulangi permintaanya beberapa kali, namun Nabi SAW mengatakan "Jangan Marah!"

2. Larangan Menggunakan Tato
myzhain.blogspot.com
Rosulloh SAW bersabda, "Alloh melaknat wanita penyambung rambut dan yang disambung rambutnya, wanita pembuat tato dan yang bertato." (HR. Bukhori)
Sebelum 1400 tahun yang lalu Rosululloh SAW telah mengharamkan tato dan mengutuk pelakunya juga pembuatnya. larangan ini daatang saaat tak seorang pun tahu tentang bahaya bertato.yang menakjubkan lagi adalah penelitian ilmiah baru-baru ini yang menjelaskan hasilnya secara pasti bahwa tato dapat menyebabkan kanker karena bahan kimia yang disuntikan ke dalam tubuh.

3. Hikmah Disyari'atkan Khitan
jejamo.com
Rosululloh SAW bersabda: "Fitrah manusia itu ada lima, yaitu khitan,mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur kumis," (HR. Bukhori)
Diantara faktor pendorong terjadinya kanker penis adalah peradangan pucuk zakar. khitan merupakan sarana untuk mengantisipasi terjadinya kanker penis bukan hanya laki-laki wanitapun demikian. penemuan ini memperlihatkan kepada dunia bahwa ajaran islam adalah yang terbaik bagi umat manusia.

4. Bersiwak atau Sukat Gigi 
Sekiranya tidak khawatir memberatkan umatku, maka aku perintahkan mereka bersiwak setiap kali akan menunaikan sholat. (HR. Bukhori)
muslimah.or.id
Bersiwak yaitu menggosok gigi atau bagian mulut menggunakan kayu Arok (nama kayu siwak) karena sekarang sulit ditemukan kayu tersebut bisa juga di ganti dengan bersikat gigi biasa dengan niat membersihkan anggota badan Lillahi Ta'ala. Ditemukan di mulut manusia secara permanen sejumlah besar bakteri yang senantiasa menyerang gigi secara kontinyu dan memakan sisa-sisa makanan. Ketika dianalisis materi yang ada didalam siwak menunjukan bahwa didalamnya terdapat jenis artikel yang membantu memberhentikan pertumbuhan bakteri dalam mulut. para peneliti medis juga menegaskan bahwa batang siwak mengandung jenis antiseptik dan desinfektan, yang mampu mengurangi dan menanggulangi gusi berdarah.

5. Tidur Menghadap Kanan
health.detik.com
"Jika kalian hendak tidur di pembaringan, berwudhulah seperti wudhu untuk sholat. kemudian berbaringlah di lambung kananmu." (HR. Bukhori dan Muslim)
Inilah posisi tidur terbaik yang telah diajarkan oleh Rosululloh SAW. Pada saat kita tidur dalam posisi ini, jantung hanya akan terbebani oleh paru-paru kiri yang berukuran lebih kecil. selain itu tidur dengan posisi ini akan menempatkan hati pada posisi yang stabil dan juga posisi ini sangat baik untuk sistem pencernaan. penelitian membuktikan bahwa pada saat kita tidur dengan posisi menyamping ke kanan, makanan akan mampu dicerna oleh usus dalam waktu 2,5 sampai 4,5 jam. sedangkan dalam posisi tidur yang lain, makanan baru akan selesai dicerna setelah 5 sampai 8 jam.

6. Laranga Makan atau Minum Sambil Berdiri
media.ihram.asia
Para dokter mengatakan bahwa pada tubuh manusia ketika berdiri, maka sistem saraf dan sistem otot bekerja secara efektif, berkebalikan saat duduk kedua sistem ini bekerja dalam keadaan fokus. Jadi, salah apabula kita makan atau minum sambil berdiri, karena dianjurkan untuk duduk. dokter memantau kondisi-kondisi dimana terjadi kasus gangguan dalam proses pencernaan, banyak obat-obatan yang tidak mampu mengobatinya. namun, dengan pasien yang berhenti makan atau minum sambil berdiri dan mulai membiasakan makan dan minum sambil duduk, maka gangguan pencernaan ini hampir hilang. Inilah yang disarankan oleh Rosululloh SAW kepada kita. Dalam sebuah hadist disebutkan, "Rosululloh SAW melarang seorang makan atau minum sambil berdiri." (HR. Muslim).

7. Memadamkan Lampu Pada Malam Hari
renunganislam.com
Riset ilmiah terbaru menegaskan bahwa tetap menyalakan lampu pada saat tidur akan mempengaruhi proses vital yang ada didalam otak manusia, dan hal tersebut akan menyebabkan gangguan yang berakibat kegemukan. oleh kaena itu, para ilmuan mengajarkan untuk senantiasa mematikan lampu pada saat malam hari guna memelihara kesehatan tubuh dan otak. Dan ternyata nasihat ini telah disampaikan pada abad ke 21 M, sebelumnya telah disampaikan oleh Rosululloh SAW sejak 14 abad yang lalu. Dalam hadist Shohih Rosululloh SAW bersabda:
"Jika kalian tidur maka matikanlah lampu-lampu kalian." (silsilah Shohihah) makna dari surjd adalah lampu-lampu.
-Dr. Rangga Almahendra, ST., MM-

Demikianlah, coretan tentang 7 fakta kebenaran Ilmiah yang di contohkan Nabi SAW, yang diharapkan setelah mengetahui yaitu dipraktikan untuk mengubah kebiasaan yang tak sadar itu kurang baik untuk dilakukan karena tidak sesuai dengan yang di contohkan Nabi SAW.
-----Semoga Bermanfaat-----

Post a Comment for "7 Fakta Kebenaran Ilmiah yang di Contohkan Nabi SAW"