Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Fakta Ilmiah Paling Menakjubkan Dalam Al-Qur'an

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam. Bagi Muslim, Al-Quran merupakan firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya. Al-Qur’an merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW yang sangat berharga bagi umat Islam hingga saat ini. Di dalamnya terkandung petunjuk dan pedoman bagi umat manusia dalam mencapai kebahagiaan hidup baik di dunia maupun akhirat.

Bagian-bagian Al-Qur’an

Al-Qur’an mempunyai 114 surat, dengan surat terpanjang terdiri atas 286 ayat, yaitu Al Baqarah, dan terpendek terdiri dari 3 ayat, yaitu Al-‘Ashr, Al-Kautsar, dan An-Nashr. Sebagian ulama menyatakan jumlah ayat di Al-Qur’an adalah 6.236, sebagian lagi menyatakan 6.666. Perbedaan jumlah ayat ini disebabkan karena perbedaan pandangan tentang kalimat Basmalah pada setiap awal surat (kecuali At-Taubah), kemudian tentang kata-kata pembuka surat yang terdiri dari susunan huruf-huruf seperti Yaa Siin, Alif Lam Miim, Ha Mim dll. Ada yang memasukkannya sebagai ayat, ada yang tidak mengikutsertakannya sebagai ayat. Untuk memudahkan pembacaan dan penghafalan, para ulama membagi Al-Qur’an dalam 30 juz yang sama panjang, dan dalam 60 hizb (biasanya ditulis di bagian pinggir Al-Qur’an). Masing-masing hizb dibagi lagi menjadi empat dengan tanda-tanda ar-rub’ (seperempat), an-nisf (seperdua), dan as-salasah (tiga perempat).Selanjutnya Al-Qur’an dibagi pula dalam 554 ruku’, yaitu bagian yang terdiri atas beberapa ayat. Setiap satu ruku’ ditandai dengan huruf ‘ain di sebelah pinggirnya. Surat yang panjang berisi beberapa ruku’, sedang surat yang pendek hanya berisi satu ruku’.Nisf Al-Qur’an (tanda pertengahan Al-Qur’an), terdapat pada surat Al-Kahfi ayat 19 pada lafal walyatalattaf yang artinya: “hendaklah ia berlaku lemah lembut”.
Berikut ini adalah 8 Fakta Ilmiah Paling Menakjubkan Dalam Al-Qur'an :

1. Pilot Sesak Dada
www.pixabay.com
Ketika beberapa orang ditanya bagai mana perasaan mereka ketika terbang atau menambah ketinggian, mereka menjawab,"dada kami semakin sesak setiap kami menambah ketinggian di udara sampai-sampai kami merasa tercekik karena tak mampu bernafas akibat semakin berkurangnya kadar oksigen," fakta ini belum diketahui sebelumnya. orang menganggap bahwa udara tersedia sampai ke planet-planet dan bintang-bintang yang ada di langit. Alloh SWT berfirman:
"Barang siapa yang di kehendaki Alloh SWT akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan dadanya untuk menerima islam. Dan barang siapa yang di kehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki langit. Demikianlah Alloh menimpakan sisksa kepada orang-orang yang tidak beriman." (Q.S Al-An'am: 125)

2. Utuhnya Jasad Fir'aun
www.pakistan66.com 
Alloh SWT berkehendak menenggelamkan Fir'aun dan menyelamatkan jasadnya, sehingga dapat disaksikan oleh umat manusia sekarang ini, dan menjadi fenomena yang membuat bingung para ilmuan karena jasadnya masih tetap utuh. para ilmuan yang mengawasi analisis tubuhnya terheran-heran dan bertanya-tanya , bagaimana mungkin tubuhnya mayat tersebut tetap bisa utuh secara fisik meskipun telah tenggelam, bagaimana diangkat dari kedalaman laut, dan bagaimana ia sampai kepada kita hari ini. Inilah yang telah disampaikan Al-Qur'an kepada kita dalam salah satu ayat yang mulia. Alloh brfirman: 
"Maka pada hari ini Kami selamatkan jasadmu supaya kamu dapat menjadi pelajaran bagi orang-orang yang datang sesudahmu, tetapi kebanyakan manusia tidak mengindahkan tanda-tanda (kekuasaan) kami," (Q.S Yunus: 92)

3. Tujuh Lapisan Bumi
kaheel7.com 
Setelah bertahun tahun dilakukan penelitian akhirnya ditemukan bahwa bumi yang kita pijak ini terdiri dari lapisan-lapisan. Semula para ilmuan menduga bahwa jumlah lapisan bumi berjumlah tiga, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, mereka menemukan kenyataan baru bahwa lapisan bumi ada lima. Namun belakangan, U.S. Geological Survey melakukan survei terhadap perut bumi melalui gelombang seismik dan ternyata jumlah lapisan bumi ada tujuh. dan yang mengagumkan adalah angka ini adalah angka yang ditunjukan oleh Al-Qur'an. Alloh SWT berfirman:
"Alloh yang menciptakan tujuh langit dan dari (penciptaan) Bumi juga serupa. perintah Alloh berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwa Alloh maha kuasa atas segala sesuatu, dan ilmu Alloh benar" meliputi segala sesuatu." (QS. At-Talaq: 12) 

4. Kapal Laut Tidak Dapat Berlayar Tanpa Adanya Angin
www.snipview.com 
Ternyata semua jenis kapal laut yang menggunakan bahan bakar dengan semua jenisnya, jika angin tidak ada maka gerak kapal akan berhenti secara total, karena bahan-bahan bakr ini terbakar oleh perantara gas oksigen yang ada dudara. hal ini juga terjadi dengan kapal yang bergerak dengan menggunakan tenaga uap dengan menggunakan batu bara atau minyak, sampai bahan bakar nuklir sekalipun. Alloh berfirman:
"Jika Dia menghendaki, Dia akan menghentikan angin, sehingga jadilan (kapal-kapal) itu terhenti dipermukaan laut. sungguh, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang yang selalu bersabar dan banyak bersyukur." (QS. Asy-syu'ara:33)

5. Fungsi Gunung
trekearth.com
Dikaji dari ilmu geologi, gunung berfungsi sebagai penyeimbang bumi dari goncangan. gunung muncul karena tumbukan lempengan-lempengan raksasa yang membentuk kerak bumi. ketika dua lempengan bertumbukan, lempengan yang lebih kuat menyelip ke bawah, sedangkan lempengan yang lemah melipat keatas membentuk dataran tinggi dan gunung, Al-Qur'an menjelaskan fungsi gunung dalam beberapa ayat diantaranya dalam surah Al-Anbiya ayat 21 dan surah An-Naba' ayat 6-7 gunung diibaratkan sebuah paku yang menjadikan lembaran kayu yang saling menyatu.
"Dan Kami telah menjadikan di bumi ini gunung-gunung yang kokoh supaya ia (tidak) goncang bersama mereka, dan kami jadikan (pula) disana jalan-jalan yang luas, agar mereka mendapat petunjuk. (QS. Al-Anbiya: 31)"

"Bukanlah Kami telah menjadkan hamparan dan gunung-gunung sebagai pasak." (QS. An-Naba': 6-7)
6. Awan Tebal Kilat
anehunikalamku.blogspot.com
Penelitian telah membuktikan melalui pengamatan ilmiah kilat memerlukan awan tebal yang disebut cumulus kumulus. Ini berarti bahwa kenyataan ilmiah mengatakn bahwa ada kaitanya dengan antara awan tebal dengan terjadinya petir. yang mengagumkan adalah fenomena ini persis seperti yang dinyatakan dalam Al-Qur'an:
"Dialah Tuhan yang memperlihatkan kilat kepadamu untuk menimbulkan ketakutan dan harapan, dan Dia mengadakan awan tebal (mendung)." (QS. Ar-Ra'd: 12)


7. Tumpang Tindihnya Malam Pada Siang Hari

frewaremini.com 
Para ilmuan menemukan bahwa tumpang tindihnya siang malam dengan siang hari merupakan proses yang sangat kompleks. karenanya mereka menggunakan alat-alat canggih untuk mempelajari proses yang menakjubkan ini. Mereka menemukan bahwa malam masuk pada siang dan waktu siang masuk pada waktu malam, dan proses ini berlangsung selama 24 jam non-stop. Hal ini telah digambarkan oleh Al-Qur'an dalam firman Alloh SWT: 
Demikianlah karena Alloh (kuasa) memasukan malam ke dalam siang, dan memasukan siang kedalam malam."(QS. Al-Hajj: 61)


8. Keberadaan Al-Qur'an Tentang Keberadaan Gunung Pelangi
hidayatulloh.com 
Fenomena Gunung pelangi yng ditemukan disebelah tenggara yang terletak di barat daya China, tepatnya dikota Zhangye, Provinsi Gansu, China, ternyata telah dituturkan dalam Al-Qur'an sejak 14 abad yang lalu, bahkan sebelum para sahabat Rosululloh SAW datang dan berdakwah ke China.
"Tidaklah kamu melihat bahwa Alloh menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan itu bah-buahan yang beraneka ragam jenisnya. Dan diantara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yang beraneka macam warnanya dan ada (pula) yang hitam pekat." (QS. Fathir: 27)

Sumber: ISLAM ON THE SPOT (Dr. Rangga Almahendra, ST., MM: penulis buku best seller "Bulan Terbelah di Langit Amerika")

Demikianlah, 8 fakta ilmiah paling menakjubkan dalam Al-Qur'an, jika masih ada kekurangan silahkan bisa menambahkan lewat komentar anda atau bisa juga hubungi kami:
TELP/WA: 085801300040

Post a Comment for "8 Fakta Ilmiah Paling Menakjubkan Dalam Al-Qur'an"